Cara Memperbaiki Big Band Polytron BB 3201 3501 5510 Mati Total



Bagaimana Cara Memperbaiki Big Band Polytron BB 3201 3501 5510 Mati Total ? Alias tidak ada tanda tanda kehidupan sama sekali ketika Anda menyalakan tape Polytron ini. Tentu sangat sedih sekali ketika akan mendengarkan musik musik kesayangan Anda ternyata Polytron Big Band ini mati total. Sekilas tentang kelebihan dari Big Band Polytron BB 3201 ,3501 ,5510 ini adalah dengan di sediakan nya berbagai fitur ke kinian mulai dari USB, DVD ,MP3 INPUT, RADIO ,BLUETOOTH, DECK, TAPE KASET PITA, MIC INPUT, AUX , OUTPUT 5 CHANNEL, Dan lain lain.

POLYTRON BIG BAND 3201 MATI TOTAL
POLYTRON BIG BAND 3201 MATI TOTAL

Untuk kualitas suara sudah tak diragukan lagi, produk produk keluaran dari merek Polytron BIGBAND memang sangat tangguh dan suara pun sangat mengagumkan, keseimbangan antara Bass ,Middle, Treble sangat memanjakan telinga kita tentunya. Nah kembali lagi ke topik pembahasan kita tadi ,mengenai solusi servis dan perbaikan Big Band Polytron yang mati total , apa sebenarnya yang terjadi dan bagian manakah yang harus kita ganti dan perbaiki ? Komponen jenis apa yang mati ? Short atau korsleting , entah karena faktor pemakaian atau justru karena kelalaian Anda juga mungkin. 

Pertama tama jika Anda memang faham dengan dunia elektronik, bisa dan mampu setidaknya menguasai teknik elektrik, sering menyervis alat alat elektronik ,pasti feeling yang muncul pertama kali ,ketika peralatan elektronik mati total pasti akan terfokus kepada bagian Power Supply nya. Perhatikan dengan seksama, lihat pada bagian papan PCB POWER SUPPLY POLYTRON BB 3201 ini. Apakah ada tanda tanda hangus? Tercium bau sesuatu yang terbakar? Dalam fisik komponen apakah ada yang kembung, hangus ,menghitam karena panas yang berlebihan ? . 

Cek bagian bagian komponen yang vital yang biasanya rentan atau sangat mudah terjadi kerusakan, terutama di bagian tegangan tinggi yang berhubungan langsung dengan 220 Volt AC. Untuk model Power Supply Dari Big Band Polytron memang sudah menerapkan jenis Power Supply SMPS lengkap dengan bagian output tegangan yang bervariasi mulai dari 5 Volt, 9 Volt ,12 Volt hingga kisaran 25 Volt untuk bagian Power Amplifier nya.

Oke ,,perhatikan saja di bagian komponen vital yang memasok tegangan tinggi 220 volt AC. biasanya ada dari mulai Trafo, Dioda, Mosfet, NTC ,FUSE atau Sekring AC. lihat apakah Sekring nya putus? Jika putus coba anda ganti dengan sekring baru, namun pada sebagian kasus sering terjadi sekring masih tetap saja mengalami putus setelah diganti. Nah jika demikian berarti ada salah satu atau beberapa komponen yang bermasalah. 

Gambar Power Supply Big Band Polytron 3201

Cara Memperbaiki Big Band Polytron BB 3201 3501 5510 Mati Total


Cara Servis Polytron Big Band Mati Total Mudah Simple
 
 
Power Supply Polytron Big Band

POWER SUPPLY POLYTRON BIG BAND BB3201  
Cek Komponen Bagian Tegangan Primer
 
Dari pengalaman saya sendiri ini biasanya terjadi short atau kerusakan di komponen Mosfet ( lihat di Pcb ada Heatsink besar dengan Mosfet di bawah nya ) . Coba saja anda lepaskan dahulu mosfetnya dan ukur dengan Avo Meter. Apakah masih bagus atau justru Short dan rusak? . Lalu kerusakan di bagian lainnya ,kadang juga menyerang bagian dioda feedback atau dioda bias tegangan. Bisa di kenali dengan 2 buah dioda berseri HER 305 yang di pasang secara paralel, letaknya ada di paling pinggir. Coba dioda ini anda ukur juga, jika memang short maka ganti dengan dioda baru. 

Pada sebagian kasus lain juga, kasus mati total dari bigband 3201 ini bisa pada bagian komponen transistor A1015, C1815 Zener dioda, Kapasitor Yang meng Couple dioda sisir pada bagian AC 220 VOLT.



Bagikan Artikel Ke :