Rangkaian Cara Membuat Klakson Telolet Terbaru 2024



Rangkaian Cara Membuat Klakson Terbaru 2024 :: Bagaimana cara bikin "Klakson Om Telolet Om" yang mudah serta praktis namun dengan hasil dan kualitas suara kencang banget . 

Klakson Om Telolet Om adalah sebuah judul lagu yang di populerkan oleh master DJ Marshmello , dan booming di tanah air namun juga tengah hangat di perbincangkan dan menjadi viral di sosial-sosial media internet saat ini. Hampir tak luput orang orang selalu menyelipkan kata  "Om Telolet Om" dalam tiap statusnya . Dalam hal ini kenapa kata"om telolet om" menjadi viral? di sebabkan si Master DJ nya memixing (menyelipkan bunyi kalkson telolet tadi ke dalam lagu DJ nya) dan al hasil, terciptalah sebuah kata atau istilah Om Telolet Om .



Klakson Telolet Om Versi Terbaru 2024
Om Telolet Om DJ Marshmello

Namun yang akan saya bahas bukan lah soal DJ Marshmello ataupun lagu lagunya. Yang akan saya bahas adalah tentang bagaimana cara membuat bunyi klakson yang bisa menghasilkan suara ber variasi seperti Telolet itu tadi?. Sebelum anda bikin sendiri di rumah. 


Tidak ada salahnya anda fahami betul apa itu Klakson . Rangkaian Cara Membuat Klakson Terbaru adalah trompet elektromekanik atau sebuah alat yang membuat pendengarnya waspada. Biasanya klakson digunakan pada kereta, mobil ,motor,dan kapal untuk mengkomunikasikan sesuatu, di mana biasanya pada negara maju,digunakan untuk memperingati pengendara yang kurang tertib atau jika pengendara lain diprediksi akan menyebabkan kecelakaan.


Sedangkan di negara berkembang, klakson memberi tahu pendengarnya bahwa ada kendaraan yang datang,mengingatkan akan kemungkinan bahaya yang terjadi,ingin mendahului,atau menyatakan perasaan emosional, atau istilah lainnya seperti bunyi Sirene Peringatan, contohnya sirene peringatan akan terjadinya Tsunami, Ambulance, Polisi, dsb.


Lalu berapakah harga klakson Om Telolet Om? jika kita membeli jadi dari toko? tanpa mau ribet membuat sendiri? Saya pernah waktu itu membeli rangkaian sudah jadi , tinggal pasang saja ke sumber daya ( Aki ) motor maupun mobil. harga pasaran berada di antara Rp 250 ribu - sampai Rp 500 ribuan , tergantung dari jumlah terompet yang anda inginkan, jadi semakin banyak terompet maka suara yang dihasilkan akan makin banyak juga (banyak variasi suara yang bisa kita ubah ubah sesuai kebutuhan) . 



Klakson Om Telolet 2024 Om Murah Di Pasaran
Bentuk Asli Klakson Telolet 6 Corong (Terompet)

Dan dibawah ini adalah Rangkaian Elektronika dan cara bikin Klakson Om Telolet Om ,jika Anda berminat mencoba bikin bikin sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, cukup anda simak saja deretan komponen-komponen elektronika yang harus anda beli .

Rangkaian Skema Cara Membuat Klakson Om Telolet Om

Rangkaian Cara Membuat Klakson Om Telolet Om
Rangkaian Cara Membuat Klakson Om Telolet Om


Keterangan Dan Cara Kerja Klakson Telolet :

  1. Komponen utama IC LM 556 osilator ganda / timer.
  2. U1, disetting sebagai pengemudi osilator 2 suara U2, penguat ganda 4-watt. 
  3. Di antara osilator, pin 1 hingga 6, yang terdapat didalam u1 membuahkan sinyal frekuensi atas lebih kurang 200 Hz.
  4. Untuk osilator ke-2, pin 8 hingga 13, berikan sinyal frekuensi yang lebih rendah dari lebih kurang 140 Hz. 
  5. Menambah atau kurangi frekuensi pada rangkaian klakson mobil elektronik tersebut dengan langkah merubah nilai pada C2 serta C3. 
  6. Output U1, pin 9 serta 5, yang tersambung ke potensiometer terpisah untuk berikan kontrol atas volume serta keseimbangan. 
  7. Tiap-tiap 1/2 dari U2 membuahkan 4w audio yang diantar ke dua pengeras nada 8 ohm melewati kapasitor C7 serta C8. 

Nah bagaimana? mudah bukan Rangkaian Cara Membuat Klakson Terbaru tadi . Jika anda sudah terbiasa bergelut di bidang elektronika, pasti tanpa skema diatas juga, sudah harus faham , masalahnya karakter IC LM 556 ini hampir sama saja dengan karakter IC LM 555 juga yang biasa di pakai untuk membuat lampu Dim , atau lampu kedip otomatis . 

Sekian dan selamat berkarya sambil bertahun baru bersama Rangkaian Cara Membuat Klakson Terbaru ini

Bagikan Artikel Ke :