Cara Memasang Audio Di Motor Yang Super Nge Bass



Ada beberapa email yang masuk ke admin harga.biz.id tentang bagaimana Cara Memasang Audio Di Motor yang bagus dan tak kalah kencang suaranya mirip pada audio mobil , super kencang , nge bass (bassnya empuk dan kalem) ,tidak cengeng kaya speaker toa .hehehe... Lalu admin pun berusaha untuk memodifikasi motor milik sendiri , dan beruntung saya punya motor yang Bagasi nya luas dan besar banget ( Bisa Menyimpan Helm alias helmet in ) . Waaaw , kesempatan buat eksperimen pun timbul saat itu juga .

Namun untuk membuat dan merangkai Audio Pada Motor , tidak semudah membuatnya pada Mobil , diperlukan kesabaran yang tinggi dalam meng-Tune Suara yang dihasilkannya supaya tidak cengeng dan tidak gagal , bisa bisa nanti di ketawain orang banyak (Mirip Tukang Es ) katanya.


Cara Memasang Audio Di Motor Yang Super Nge Bass
Cara Memasang Audio Di Motor 

Sebelum anda Membuat Audio Pada Motor , Perhatikan Hal-hal dibawah ini : 


Yang harus anda perhatikan adalah seberapa luas ruangan / bagasi motor anda?
saya ambil contoh pada Motor Yamaha Mio yang mempunya bagasi sempit , mungkin ada baiknya anda tidak memasang speaker pada motor ini , karena suara yang dihasilkan sangat buruk, walaupun pernah saya coba menaruh speakernya pada box yang hampir menutupi seluruh bagasi motor mio itu , tetap saja menurut saya Suaranya Kurang nge bass . dan cenderung tidak lepas, malahan buang buang daya listrik saja .hehehehe...
Lebih buruk lagi jika anda pasang pada motor mio / beat yang punya bagasi sempit , otomatis pasti anda akan mengambil Supply Daya dari aki bawaah motor , dan ini akan sangat menguras daya nya. Nanti tidak bisa starter lagi. :) .


Ukuran Bagasi Motor Yang Gede Supaya Suaranya Nge Bass
Ini Contoh Luas Bagasi Pada Honda Scoopy

Cobalah anda perhitungkan kembali sebelum mulai membuat Audio Motor yang Bagus dan Nge Bass ini , saya sarankan anda merangkainya pada Sebuah Motor dengan Bagasi yang Luas . Contohnya : Honda Vario Techno , CBS , Scoopy dan lain lain , asal punya bagasi besar untuk cadangan menyimpan Power , Speaker , Aki Motor Tambahan (Supaya Daya Power Keluaran Lebih Maksimal) . 

Pada motor milik saya , penempatan speaker menghadap kebawah , di tempel langsung ke body bagasi ( lubangnya tepat di atas karburator scoopy) , saya memakai Keseluruhan bagasi sebagai Box-nya :) , soalnya saya berfikir bagasi yang luas pasti akan menghasilkan suara yang mantap !! . Dan al hasil setelah saya coba memang benar saja , bahkan Rangkaian Seperti ini mampu menghasilkan suara nada rendah ( Subwoofer ) yang jelas dan empuk terdengarnya , tampak pada gambar dibawah saya pernah pakai speaker berukuran  6 inch , hasilnya cukup memuaskan dan mampu menyaingi Sound Audio pada Mobil ( soalnya pernah saya konteskan berbarengan dengan Mobil ) .




Rangkaian Cara Buat Audio Di Motor

Namun untuk saat ini saya ganti speaker 6 inch tersebut dengan speaker 8 inch dan sangat pass dengan bagasi motor scoopy ,  hasil suaranya? Woww... Gila banget , saya pernah test dan sanggup menggetarkan kaca rumah yang berada pada jarak 6 meteran dari motor saya. Setengah tidak percaya pun berfikir, bahwa memang benar, jika luas bagasi sangat berpengaruh pada suara audio motor ini . Jika anda masih belum jelas bagaimana penempatannya , Insya Alloh di lain waktu saya Upload Video Cara Memasang Audio Di Motor ini disertai Suaranya yang pasti bakal bikin jantung anda bergetar mendengar Bass nya :) .



Audio Pada Motor Yang Bagus Dan Nge Bass
Audio Pada Motor Yang Bagus Dan Nge Bass

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan



  1. Untuk speaker unit yang saya pakai adalah 6 Inch atau bisa juga 8 inch (yang sekarang) dengan merk ACR-Pro , di daerah saya harga speakernya Rp.125.000 saja, dan 1 buah Twitter yang dipasang di kolong motor  .
  2. Untuk Power Supply atau Aki saya pake Aki Motor merk Yuasa harganya Rp.200.000 di daearah saya.
  3. Untuk Power Amplifiernya sendiri saya mempercayakannya pada merk lokal saja , yaitu merk Roxfox harganya pada kisaran RP. 150.000 - RP.200.000 , dengan total daya nya 2x1000 Watts , ini cukup dan pas dari segi suara yang dihasikan karena sudah memakai IC Power TDA 2003 / 2005 . Dan cukup juga dari segi konsumsi daya , jadi lumayan awet,tidak boros aki .saya sendiri bisa Touring sambil mendengarkan musik2 kesayangan di motor saya dengan jarak ratusan kilo meter tanpa dimatikan :) hehehe.
  4. Sebagai aksesoris tambahan saya memasang LED Meteran ( 1 meter harganya biasanya RP.50.000 ) . Saya pasang Pada bagian body samping motor sebagai pemanis buatan supaya suara musik bisa di iringi dengan kedipan lampu led warna biru ini. Sepintas jika saya parkir di pinggir jalan sambil nonkrong , ada orang yang bilang , wah...wah..wah ... Ada DUGEM BERJALAN !!! katanya,, hehehe,,, 





Bagikan Artikel Ke :