Rangkaian Dan Cara Buat Charger Aki Sederhana



Kumpulan Rangkaian Elektronika - Rangkaian / Skema Charger Aki Buat Motor / Mobil ini adalah yang paling sederhana dengan biaya komponen yang murah di sertai dengan cara merangkai charger yang mudah juga. Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif dan penghematan biaya charger seperti yang biasa anda lakukan di Toko Aki , lumayan kan bisa hemat hingga 99% :) .

Rangkaian Charger Aki Sederhana Terbaik
Rangkaian Charger Pengisian Accu Sederhana Simple Dan Mudah


  • ALAT ALAT / KOMPONEN UNTUK MERANGKAI CHARGER AKI OTOMATIS PAKE KIPROK SEBAGAI KOMPONEN DASARNYA :


  • Trafo (Transformator) : Saya disini menggunakan trafo 3 Ampere , anda bisa membeli yang lebih besar dari 3 Ampere (5 Ampere, 10 Ampere, 15 Ampere atau lebih).

Rangkaian Charger Aki Otomatis Dari Kiprok
Trafo Untuk Charger Aki

  • Kiprok Motor Honda : Anda bisa membeli kiprok apa pun bebas (asalkan tidak salah memasang jalur-jalurnya/kaki kaki kiproknya. Dan Kiprok dalam rangkaian ini saya pakai Kiprok Honda Grand

Rangkaian Charger Aki Otomatis Pakai Kiprok
Skem/ Visual PIN Urutan Kaki Kiprok Honda Grand

  • Dioda 6 Ampere : Dioda 6 Ampere dipasang pada penyearah dari Trafo dan pada Output dari Kiprok Ke Aki Positif (+).

Cara Membuat Charger Pengisian Aki Motor Yang Mudah
Gambar Dioda 6 Ampere Sebagai Penyearah


  • Box / Tempat Rangkaian + Kipas Pendingin yang saya pakai untuk tempat rangkaian keseluruhan dari Charger Aki Otomatis ini saya pakai bekas Power Supply Komputer yang sudah tidak terpakai. Dan Al hasil sangat cocok , simple ,murah , dengan hasil yang memuaskan.

Gambar Keseluruhan Dari Rangkaian Charger Aki Motor buatan sendiri di rumah adalah seperti yang tampak oleh anda di bawah ini . Silahkan di lihat dengan lebih teliti supaya bisa lebih mudah untuk anda praktekkan sendiri juga di rumah anda :) 


Gambar Rangkaian Charger Aki Yang Sederhana & Mudah Dibuat


Rangkaian Charger Aki Sederhana Dan Mudah Dibuat
Skema dan Visual Charger Aki Terbaik

Rangkaian Charger Aki Sederhana Murah
Rangkaian Charger Aki Motor ini bisa untuk aki 5Ah dan 10Ah

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat Rangkaian Charger Aki ini ? seperti yang sudah kita ketahui bahwa sistem cara pengisian Charger aki ini tidak jauh beda seperti saat pengisian Aki saat di tempelkan di motor , yaitu sama-sama bekerja mengisi aki secara otomatis , hanya saja sumber tegangan nya yang berbeda , jika di motor sumber tegangan berasal dari coil mesin yang berputar, masuk ke kiprok , lalu di teruskan ke Aki Motor.

Demikianlah ulasan singkat padat namun bermanfaat bagi kita semua sebagai pencinta Dubia Otomotif dan Elektronika lainnya di seluruh Indonesia. Terima kasih :)


Bagikan Artikel Ke :