Tips Cara Agar Tendangan Nada Rendah (BASS) Subwoofer Maximal



Tips Supaya Tendangan Nada Rendah (BASS) Subwoofer Maximal - Subwoofer adalah sebuah perangkat speaker , secara fisik tampak sama saja dengan speaker biasa (Woofer) , namun jika anda perhatikan lebih jelas dan dekatnnya ,akan ada perbedaan mencolok dari segi fungsi , penampakkan magnet di belakannnya ( Cenderung agak tebal dan besar) , pada input terminal terdapat 4 kaki (pada speaker biasa cuma ada 2 kaki saja) ,kemudian pada beberapa merk subwoofer ada yang memiliki ketebalan karet pinggir yang cukup besar (gendut) . 

Sebagai fungsinya, Speaker Subwoofer ini bertugas sebagai pelengkap nada rendah , biasanya berkisar pada frekuensi (getaran) 20Hz - 100KHz , menciptakan suara dan nada paling rendah yang terdengar sangat harmonis jika di padukan dengan speaker lainnya , meski menurut pendengaran telinga yang awam, dengan memakai speaker Woofer saja sudah cukup nge bass , namun lain halnya lagi bagi mereka yang sudah faham betul soal suara-suara yang mantap yang di hasilkan oleh Speaker Subwoofer ini .

Di dalam perakita Audio Sound Mobil , Subwoofer memegang peranan sangat penting , keberadaanya sudah barang tentu di wajibkan dan harus ada dalam sebuah mobil . Apa lagi jika mobil-mobil tersebut masuk ke dalam kategori mobil untuk kontes audio,yang biasanya di konteskan melawan musuh-musuh tangguhnya , guna mendapatkan gelar sebagai Best Car SPL Sound Contest :) 

Lalu bagaimanakah cara dan Tips Supaya Tendangan Nada Rendah (BASS) Subwoofer Maximal di mobil anda? . Jika anda tidak mau repot masang sendiri di karenakan anda tidak punya keahlian dalam hal kelistrikan di mobil , maka saya anjurkan Anda untuk Mencari Salah satu Toko Variasi Mobil - Audio Mobil Terbaik yang khusus juga mempunyai mekanik yang professional dalam bidang Merakit, Memasang Hingga tahap Meng-Tune Audio mobil Anda nantinya. Semua bisa anda dapatkan jika pilihan anda tepat dalam menggandeng Mekanik Terbaik di Kota anda. 

Serahkan saja pada mereka, dan usahakan selama prosesi perakitan audio, hingga tahap finishing anda tetap stay tune di dekat mobil anda ( Intip bagaimana caranya merakit audio mobil .hehehehe ) Ini di perlukan jika suatu saat ada masalah dengan Audio Mobil Anda, terus Anda tidak perlu repot repot pergi ke tempat service lagi , kan lumayan bisa ngirit uang jajan ?? 

Untuk lebih jelasnya coba Anda perhatikan Bagan dibawah ini :

Skema Bagan Pembuatan Subwoofer Audio Mobil Yang Bagus
Skema Rangkaian Subwoofer Pada Audio Mobil


SUBWOOFER yang bagus dan Terbaik untuk mobil. 

Subwoofer speaker pada dasarnya memiliki cara kerja yang sama, namun satu hal yang harus Anda perhatikan adalah Tempat/Ruangan seperti apakah yang membuat SPEAKER SUBWOOFER dapat bekerja baik dan maximal dalam suara rendahnya?
Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah faktor Ruangan tempat Anda akan memasang Speaker Subwoofer itu , sebab menurut pengalaman pribadi saya . Sebuah Subwoofer dapat bekerja maksimal dalam sebuah ruangan benar-benar pas , artinya tidak selamanya ruangan mobil yang besar akan menghasilkan suara rendah yang bagus , butuh kesamaan tingkat frekuensi yang benar-benar pas (matching) . saya ambilkan contoh sebuha subwoofer yang dipasang di dalam bagasi mobil tipe Sedan, dengan speaker dipasang menghadap ke belakang, seperti anda lihat ada Contoh dibawah.


Menurut pengalaman saya, Cara Memasang Subwoofer seperti ini dirasakan kurang Maksimal.




Misalnya Subwoofer khusus untuk di Mobil anda gunakan di rumah, pasti akan terdengar beda (hentakkan BASS tidak se-empuk ketika di mobil). Dan begitu pun sebaliknya. 

Dan kali ini saya akan mengulas tentang cara mengaplikasikan beberapa rangkaian mulai dari Power Amplifier Mobil sampai pada  Merk Subwoofer Speaker yang bagus untuk anda coba sendiri pada Audio Car Anda.


Itulah beberapa tips agar Tendangan Nada Rendah (BASS) Subwoofer Maximal pada audio mobil anda. Tak peduli mau mobil Honda Jazz, Ayla,Toyota Agya, Rush, Xenia, Grandmax, ataupun mobil jadul, Anda akan mendapatkan kualitas suara yang memuaskan jika Anda mampu mengaplikasikan tiap komponen dasar pada Audio Mobil dengan mudah tanpa harus pergi ke SERVICE ataupun Layanan Audio Car lainnya. SELAMAT MENCOBA


Bagikan Artikel Ke :